Resolusi Menulis 2019

Tahun 2019 tinggal beberapa hari lagi. Orang-orang punya resolusi, termasuk para penulis. Penulis pemula atau senior pastinya punya harapan bisa menyelesaikan cerpen, novel atau menerbitkan buku tahun depan. Tentu saja harapan itu menjadi kekuatan dan semangat, tapi pertanyaannya: Bagaimana cara mencapainya dengan cara yang terukur?

Pertama, buatlah pencapaian hitungan kata (word count) per hari

Untuk pemula atau yang baru berniat mau menulis tahun depan nggak usah terlalu muluk-muluk menulis berhalaman-halaman, cukup 250 kata perhari atau kira-kira satu halaman. Bayangkan kalau Anda menulis setiap hari selama satu tahun, maka akan menjadi 365 halaman atau satu buah novel!

Untuk penulis tingkat lanjut barangkali 250 kata terlalu mudah. Anda bisa menulis lebih dari 1,300 kata atau 5 halaman. Dalam 2.5 bulan, Anda bisa menyelesaikan satu buah novel! Ini persis apa yang dikatakan Mr. King:

“Draft pertama sebuah buku – bahkan yang paling panjang – seharusnya tidak makan waktu lebih dari tiga bulan, waktu satu musim (di Amerika ada empat musim).” ~ Stephen King.

Kedua, buatlah capaian waktu

Saya kira nasihat dari Mr. King di bawah ini bisa jadi saran yang baik:

“Baca dan menulis empat sampai enam jam per hari. Kalau Anda tidak punya waktu untuk itu, jangan berharap menjadi penulis yang baik.” ~ Stephen King

Mungkin Anda belum menerbitkan buku tahun 2019, tapi dengan rencana yang terukur, bisa jadi Anda akan menjadi penulis yang lebih baik di tahun 2019.

Sumber: https://writingcooperative.com/realistic-daily-writing-goals-for-2019-e128d790e755

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *